Jasa Iklan Google Ads Adwords > Google Ads > Berapa Biaya Iklan Google Ads
  • Posted by: Yopi
Berapa Biaya Iklan Google Ads

Berapa Biaya Iklan Google Ads. Semua orang selalu menanyakan hal yang sama kepada saya setiap kali saya merekomendasikan pemilik bisnis untuk berinvestasi dalam periklanan PPC : Berapa Biaya Iklan Google?

Jawaban saya selalu sama. Tergantung kemampuan.

Yang benar adalah biaya iklan Google dapat sangat bervariasi tergantung pada industri dan strategi Anda. Beberapa bisnis dapat bersaing dengan anggaran sekecil beberapa ratus ribu sebulan. Yang lain perlu menghabiskan beberapa jutaan untuk melihat hasilnya.

Maksud saya dengan artikel ini bukan untuk memberi Anda jawaban pasti tentang berapa biaya iklan Google untuk bisnis Anda karena tidak ada satu jawaban pun. Sebaliknya, tujuan saya adalah untuk menjelaskan:

  • Bagaimana Google menghitung biaya iklan
  • Faktor yang mempengaruhi biaya iklan
  • Bagaimana Anda dapat dengan cepat mengetahui berapa biaya kata kunci
  • Cara mengurangi pembelanjaan iklan Anda sambil tetap kompetitif

Bagaimana Google Menghitung Biaya Iklan?

Google tidak menetapkan biaya untuk setiap iklan. Sebaliknya, ia menggunakan model lelang di mana perusahaan menawar setiap kata kunci. Itu berarti jutaan lelang terjadi di Google setiap menit.

Ini juga berarti penetapan harga berubah-ubah berdasarkan seberapa banyak persaingan yang Anda miliki dan berapa banyak yang bersedia dibayar oleh para pesaing tersebut. Perubahan harga tidak jarang terjadi karena permintaan naik dan turun.

Namun, Anda tidak memerlukan anggaran yang besar untuk bersaing. Google menawarkan permainan yang cukup jelas yang memungkinkan platform untuk menampilkan iklan (Peringkat Iklan) bergantung pada dua faktor: skor kualitas iklan dan tawaran maksimum Anda.

Berapa Angka Mutu Iklan dan Tawaran Maksimum Anda?

Tawaran maksimum adalah jumlah tertinggi yang akan Anda bayarkan untuk setiap klik iklan Anda. Anda menetapkan ini saat membuat kampanye dan dapat mengeditnya kapan saja. Jumlah maksimum yang ingin Anda tawar mungkin menguntungkan merek besar, tetapi skor kualitas memungkinkan siapa pun untuk bersaing.

Google menggunakan beberapa faktor untuk menghitung skor kualitas iklan, termasuk relevansinya dengan kata kunci yang dimaksud, rasio klik-tayang (RKT) iklan, dan seberapa baik menurut Google halaman tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Peringkat Iklan?
Google menggunakan rumus berikut untuk menghitung peringkat iklan:

Peringkat iklan = (Tawaran maksimum) x (QS Iklan)

Jika tawaran maksimum Anda adalah $5 dan Anda memiliki skor kualitas 6, peringkat iklan Anda adalah 30 (5×6). Iklan dengan peringkat iklan tertinggi menempati posisi pertama. Iklan dengan peringkat tertinggi kedua menempati posisi kedua, dan seterusnya.

Google juga menggunakan peringkat iklan untuk menghitung berapa banyak Anda membayar untuk setiap klik:

Biaya iklan = (Peringkat iklan di bawah) / (QS Anda) + $0,01

Seperti yang Anda lihat, ada baiknya memiliki skor berkualitas sangat tinggi.

6 Faktor yang Mempengaruhi Biaya Iklan Google

Beberapa faktor memengaruhi cara skor kualitas dan peringkat iklan dihitung dan berapa banyak yang akan Anda bayar. Berikut adalah kunci yang perlu Anda ketahui.

1. Jenis Iklan

Google menawarkan beberapa jenis iklan yang berbeda, yang masing-masing memiliki BPK rata-rata yang berbeda.

  • Iklan Penelusuran: Iklan Google paling populer dan iklan dengan BPK rata-rata tertinggi
  • Iklan Belanja: Sekarang gratis untuk sebagian besar pengiklan. Mereka bisa mahal tergantung pada produk yang Anda jual
  • Iklan Jaringan Display: Bentuk iklan Google termurah dan paling tidak efektif

2. Jadwal

Periode saat Anda menjadwalkan iklan untuk berjalan dapat sangat memengaruhi biaya iklan Anda.

Jika semua orang di industri Anda ingin beriklan ke konsumen selama periode yang sama, persaingan akan sangat besar, dan biaya iklan akan melonjak.

Beriklan di luar jam permintaan tinggi dapat menambah anggaran Anda lebih jauh, meskipun Anda harus mengawasi data tentang kapan konsumen Anda mengeklik—tidak ada gunanya menjalankan iklan yang tidak dilihat siapa pun.

3. Penargetan Perangkat

Beberapa kata kunci lebih mahal jika Anda menargetkan satu perangkat di atas perangkat lainnya. Kata kunci B2C mungkin akan lebih mahal jika Anda menargetkan perangkat seluler, dan kata kunci B2B kemungkinan akan lebih mahal untuk desktop.

4. Strategi Penawaran

Pengiklan dapat memilih dari delapan jenis strategi penawaran otomatis atau pintar di Google. Masing-masing memiliki sasaran yang berbeda dan dapat memengaruhi biaya iklan Anda dengan cara yang berbeda.

Penawaran Cerdas
Google menggunakan pembelajaran mesin untuk mengoptimalkan proses penawaran, menaikkan dan menurunkan tawaran secara otomatis untuk mencapai salah satu dari empat hasil yang diinginkan:

  • BPK yang disempurnakan untuk memaksimalkan nilai konversi
  • Target CPA untuk mencapai target biaya per tindakan yang telah ditentukan sebelumnya
  • Target ROAS untuk mencapai target laba atas belanja iklan yang telah ditentukan sebelumnya
    maksimalkan konversi untuk mendapatkan konversi sebanyak mungkin
  • Memilih untuk memaksimalkan konversi biasanya akan lebih mahal daripada mencapai target CPA atau Enhanced CPC.

Maksimalkan Klik
Google akan mencoba mengirim sebanyak mungkin orang ke situs Anda dan akibatnya Anda akan dikenakan biaya lebih.

Biaya Per Klik yang Disempurnakan (BPKC)
Google secara otomatis menyesuaikan tawaran manual untuk mendorong lebih banyak konversi sekaligus mempertahankan biaya per konversi yang sama. Anda dapat membayar lebih per tawaran, tetapi ROI Anda harus konsisten.

Maksimalkan Konversi
Google akan memaksimalkan jumlah konversi yang dapat dihasilkan anggaran iklan Anda. Hal ini dapat menghasilkan BPK yang lebih tinggi.

Target Biaya-Per-Akuisisi
Pilih BPA, dan Google akan bertujuan untuk mendorong konversi sebanyak mungkin darinya. Ini adalah opsi yang sangat baik untuk mengontrol pembelanjaan iklan Anda, tetapi terkadang Google dapat menawar lebih dari BPA target Anda.

Target Laba atas Belanja Iklan
Anda menetapkan target pendapatan yang Anda inginkan dari iklan Anda, dan Google akan menyesuaikan tawaran secara otomatis untuk memenuhinya. Strategi ini memberi Anda kendali yang lebih besar atas ROI Anda.

Lokasi Halaman Pencarian Target
Google akan menyesuaikan tawaran Anda sehingga Anda dapat muncul secara otomatis di halaman pertama Google atau di salah satu posisi teratas. Sekali lagi, ini akan lebih mahal.

Targetkan Melebihi Pesaing
Pilih situs pengiklan lain yang ingin Anda kalahkan. Google akan menyesuaikan tawaran Anda untuk memungkinkan hal ini.

Industri
Jika ada satu faktor yang akan menentukan biaya iklan Google Anda lebih dari yang lain, itu adalah industri Anda. Semakin banyak persaingan untuk klik bernilai tinggi, semakin tinggi biayanya.

Hukum, asuransi, perjudian, dan keuangan terkenal karena BPKnya yang tinggi, misalnya. Beberapa kata kunci dapat berharga lebih dari $100 per klik. Tapi, mereka cenderung menghasilkan banyak pendapatan untuk bisnis jika mereka berkonversi.

Tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan biaya ini jika Anda berada di salah satu bisnis dengan permintaan tinggi tersebut kecuali menargetkan kata kunci yang kurang diminati, jadi pada akhirnya pilihan untuk menggunakan PPC di Google terserah Anda dan anggaran Anda.

ROI
Sejauh ini, kami telah menilai biaya iklan dengan melihat biaya yang dikenakan Google kepada Anda untuk setiap klik. Tapi, ada cara lain untuk melihatnya.

Daripada berfokus pada biaya iklan secara terpisah, kami dapat mempertimbangkan pendapatan apa pun yang dihasilkan sebagai hasilnya.

Misalnya iklan Anda mengarahkan pengguna ke laman landas tempat mereka dapat mendaftar untuk uji coba produk Anda. Sejumlah orang yang mengklik iklan Anda akan mendaftar untuk uji coba, dan beberapa kemudian akan membayar produk Anda setelah uji coba.

Jika jumlah pendapatan yang dihasilkan oleh orang-orang yang membayar produk Anda lebih tinggi dari total biaya iklan Google Anda, maka Anda telah menghasilkan laba atas investasi Anda. Iklan Google tidak dikenakan biaya sama sekali.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan ROI Anda, termasuk:

  • Menurunkan BPK Anda
  • Meningkatkan tingkat konversi halaman arahan Anda
  • Membuat penawaran baru
  • Meningkatkan proses penjualan Anda
  • Semakin banyak orang yang Anda konversi dan semakin sedikit biaya untuk mendapatkannya, semakin tinggi ROI Anda.

Cara Mengurangi Pengeluaran Iklan
Sekarang setelah Anda memahami cara Google menentukan biaya iklan, faktor yang memengaruhi biaya tersebut, dan cara memperkirakan harga kata kunci, inilah saatnya untuk melihat apa yang dapat Anda lakukan untuk menekan pengeluaran iklan.

Buat Anggaran Harian
Salah satu alasan terbesar bisnis menganggap iklan Google mahal adalah karena terlalu mudah untuk menghabiskan anggaran bulanan Anda dalam hitungan hari. Selesaikan masalah ini dengan menetapkan batas anggaran harian. Ini akan memastikan anggaran Anda tersebar merata di seluruh bulan.

Target Geografis Iklan Anda
Pastikan Anda hanya menampilkan iklan kepada audiens target Anda . Meskipun masuk akal bagi toko e-niaga untuk beriklan ke konsumen di seluruh negeri, hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk bisnis lokal. Iklan penargetan geografis dapat memastikan Anda tidak membuang-buang pengeluaran iklan untuk orang-orang yang tidak akan pernah menjadi pelanggan.

Tambahkan Kata Kunci Negatif
Anda bisa membuang-buang uang untuk kata kunci yang tidak relevan. Itulah mengapa Google menawarkan alat Kata Kunci Negatif sehingga bisnis dapat menghapus kata kunci yang tidak mereka inginkan terkait dengan iklan mereka.

Memaksimalkan alat ini dapat membantu Anda mengurangi pengeluaran iklan secara keseluruhan dan meningkatkan kualitas lalu lintas yang masuk ke laman landas Anda. Baca panduan saya untuk kata kunci negatif untuk informasi lebih lanjut.

Tingkatkan Angka Mutu Anda
Skor kualitas Anda penting. Jika skor Anda tinggi, kemungkinan biaya Anda akan lebih rendah daripada pesaing Anda.

Untuk menempatkan ini dalam perspektif, bayangkan Anda memiliki skor kualitas enam, dan pesaing Anda memiliki peringkat iklan 42.

Biaya iklan = (42/6) + $0,01 = $7,01

Mari kita lihat berapa biayanya jika Anda memiliki peringkat iklan 8.

Biaya iklan = (42/8) + $0,01 = $5,26

Itu hampir $2 disimpan pada setiap klik. Jika Anda mendapatkan 100 klik setiap hari, itu berarti $200 sehari.

Bekerja dengan Agensi
Mungkin tampak berlawanan dengan intuisi untuk membelanjakan uang untuk agensi pemasaran digital ketika mencoba mengurangi pengeluaran iklan Google Anda, tetapi dengarkan saya.

Agen pemasaran digital dapat menggunakan semua taktik yang telah saya jelaskan di atas (dan banyak lagi) untuk mengurangi biaya dan secara signifikan meningkatkan ROI kampanye iklan Anda—semuanya sambil membebaskan Anda untuk fokus pada masalah gambaran yang lebih besar.

Kesimpulan
Cara termudah untuk mengetahui berapa biaya iklan Google adalah dengan menggunakan Ubersuggest, yang akan menunjukkan BPK rata-rata dari kata kunci tertentu.

Hemat biaya dengan membuat iklan yang paling relevan dan halaman arahan terbaik . Kemudian gunakan strategi berikut untuk membatasi pengeluaran iklan Anda:

  • Buat anggaran harian
  • Menerapkan penargetan geografis
  • Gunakan kata kunci negatif
  • Tingkatkan skor kualitas Anda

Pastikan iklan Anda menghasilkan ROI positif , berapa pun jumlah yang Anda belanjakan untuk iklan tersebut.

Author: Yopi

Leave a Reply