Jasa Iklan Google Ads Adwords > Google Ads > Tips Sukses Beriklan di Google Ads
  • Posted by: Yopi
Tips Sukses Beriklan di Google Ads

Tips Sukses Beriklan di Google Ads. Dengan sekitar 3,5 miliar penelusuran per hari, Google memberi Anda peluang luar biasa untuk tampil di hadapan pemirsa yang tepat. Tentu saja, Anda harus tahu dulu apa yang Anda lakukan. Jika Anda telah mencari cara untuk mendapatkan hasil maksimal dari kampanye iklan Google Anda.

Sebelum kita masuk ke strategi, mari kita pahami dulu apa itu iklan Google. Google Ads (sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords) adalah platform periklanan untuk iklan PPC. Dengan strategi yang tepat, Anda dapat mengarahkan lalu lintas yang berkualitas, terhubung dengan pelanggan target Anda, dan mendorong penjualan.

Salah satu aspek terbaik platform adalah memungkinkan Anda untuk tetap dalam anggaran iklan Anda dengan menetapkan iklan Anda untuk tetap dalam batas harian, mingguan, atau bulanan tertentu. Anda juga dapat menjeda atau menghentikan sepenuhnya iklan kapan saja.

Terkadang dalam pemasaran, mengawasi anggaran bisa menjadi tantangan. Fleksibilitas ini memungkinkan Anda mengontrol penuh anggaran Anda. Jika Anda belum yakin tentang seberapa efektif platform ini, mungkin angka-angka ini dapat memberi Anda lebih banyak kejelasan:

  • Sekitar 58 persen Milenial mengatakan mereka membeli produk karena iklan online atau media sosial.
  • Sekitar 63 persen pengguna telah mengklik iklan Google.
  • Sekitar 43 persen pengguna membeli produk setelah online dan melihat iklan.

Jelas bahwa iklan Google dapat melakukan keajaiban bagi bisnis dan keuntungan Anda.

Satu-satunya pertanyaan sekarang adalah: Dengan begitu banyak pemasar yang menggunakan platform ini, bagaimana iklan Anda menonjol dalam persaingan online ini? Bagaimana Anda membuat iklan Google yang tepat yang menampilkan Anda kepada audiens yang tepat pada waktu yang tepat?

Baca Juga : Mengelola Kampanye Google Ads

Kiat untuk Menghasilkan Ide Periklanan Google

Ada banyak komponen yang terlibat dalam menghasilkan dan menjalankan kampanye iklan Google yang sukses. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat Anda berada di jalan yang benar:

Riset Kata Kunci

Riset kata kunci adalah elemen penting dari kampanye Anda. Jika Anda tidak melakukan bagian ini dengan benar, akan sulit untuk mencapai hasil yang Anda cari.

Di bawah ini, kita akan berbicara lebih banyak tentang penelitian kata kunci untuk iklan Google, tetapi untuk saat ini, penting untuk mulai membuat beberapa ide kata kunci. Untuk memulai, Anda dapat menggunakan alat seperti Google Keyword Planner .

Ini adalah alat penelitian kata kunci gratis yang memungkinkan Anda menghasilkan ide kata kunci dan melihat beberapa pesaing Anda dan kata kunci yang mereka gunakan.

Peramalan Tren

Prediksi adalah bagian penting dari pemasaran. Sebelum Anda memulai kampanye apa pun, Anda perlu memiliki beberapa gagasan tentang seperti apa kesuksesan Anda (atau tidak). Tentu saja, cara terbaik untuk memprediksi ini adalah dengan data.

Google Ads menawarkan perencana kata kunci , yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan perkiraan untuk kata kunci pilihan Anda. Perencana ini dapat memberi Anda informasi penting, seperti jumlah klik yang mungkin didapatkan iklan Anda setiap hari, biaya rata-rata untuk klik tersebut, jumlah tayangan, rasio klik-tayang (RKT), dan banyak lagi.

Dengan informasi ini, Anda dapat mulai membangun kampanye iklan Google yang solid.

Riset kata kunci dan perkiraan tren hanyalah beberapa langkah penting untuk memulai. Sekarang, mari masuk ke seluk beluk, strategi, dan segala sesuatu yang dapat membantu menyukseskan kampanye Anda.

Berikut 10 Ide Periklanan Google Teratas

Saatnya membahas hal-hal bagus: Apa saja ide periklanan Google yang dapat membantu Anda mencapai sasaran?

1. Tulis Judul yang Baik
John Caples pernah menulis: “Jika judulnya buruk, salinannya tidak akan dibaca. Dan salinan yang tidak dibaca tidak menjual barang.”

Tidak dapat disangkal dampak dari headline yang kuat terhadap audiens Anda. Tentu saja, inilah yang meyakinkan orang untuk mengklik iklan!

Berikut adalah beberapa petunjuk dasar untuk menulis judul yang kuat:

  • Pahami audiens Anda. Dengan siapa Anda berbicara?
  • Sertakan kata kunci utama Anda.
  • Atasi masalah yang dihadapi audiens Anda.
  • Soroti manfaat terbesar dalam judul.
  • Jangan terlalu memperumit hal. Jaga hal-hal sederhana.
  • Jangan takut untuk menambahkan beberapa humor.

Membuat judul dapat menjadi salah satu bagian kampanye yang menantang. Terkadang, Anda tidak tahu harus mulai dari mana atau bagaimana. Pertimbangkan untuk mengikuti strategi.

Baca Juga : Berapa Biaya Iklan Google Ads

2. Pikirkan Tentang Niat Pengguna Sebelum Menyelam ke Ide Iklan Google
Saat kami meneliti kata kunci, kami cenderung fokus pada angka. Berapa banyak volume pencarian yang didapat kata kunci ini per bulan? Berapa biaya per klik (BPK)? Bagaimana dengan kesulitan yang dibayar?

Meskipun semua angka ini penting untuk dipertimbangkan, elemen terpenting dari strategi kata kunci adalah niat pengguna.

Mengapa? Karena niat pengguna (terkadang disebut sebagai “maksud pencarian”) memberi Anda “mengapa” di balik kata kunci.

Mengapa audiens Anda mencari kata kunci tertentu? Apakah mereka mencoba membeli sesuatu, atau hanya mencoba mendapatkan lebih banyak informasi tentangnya?

Memahami niat audiens Anda dapat membantu Anda menemukan kata kunci mana yang terbaik untuk ditargetkan untuk ROI yang lebih tinggi.

Ada empat jenis maksud pengguna yang berbeda:

  • Informasional: Ini adalah saat pengguna menginginkan lebih banyak informasi tentang suatu topik. Misalnya, “Berapa banyak kalori dalam donat?”
  • Navigasi: Ini adalah saat pengguna ingin pergi ke halaman web tertentu. Misalnya, jika Anda ingin pergi ke blog Neil Patel, Anda mengetikkannya di bilah pencarian Google Anda.
  • Komersial: Ini adalah saat pengguna ingin meneliti produk atau layanan tertentu. Pengguna ini kemungkinan akan melakukan pembelian dalam waktu dekat, tetapi saat ini, mereka sedang dalam tahap penelitian. Misalnya, “Spesifikasi iPhone baru” atau “iPhone vs. Samsung.”
  • Transaksional: Ini adalah saat pengguna ingin mengambil tindakan, seperti membeli produk. Misalnya, “pengisi daya iPhone” atau “penerbangan termurah dari LA ke Chicago.”

Memahami maksud pengguna akan membantu Anda menargetkan kata kunci yang tepat. Jika seseorang mencari berapa banyak kalori dalam donat, mereka menginginkan konten yang terkait dengan itu. Jika produk Anda adalah kalkulator kalori, itu bagus! Mereka cenderung pergi ke kalkulator kalori karena membantu mereka memenuhi apa yang mereka cari saat itu.

Memperhatikan niat pengguna dapat membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi dan menarik lebih banyak klik karena Anda akan memberikan apa yang diinginkan audiens Anda.

3. Iklankan Penjualan Penawaran Terbatas

Penjualan penawaran terbatas adalah setiap kesepakatan, diskon, atau hadiah yang Anda tawarkan kepada konsumen yang melakukan pembelian selama periode tertentu.

Contoh yang sangat baik dari ini adalah Penjualan Black Friday. Setiap tahun, penjualan Black Friday tampaknya mencapai rekor baru, dengan belanja konsumen semakin banyak.

Itu karena konsumen tahu mereka harus menunggu lama sebelum bisa mendapatkan produk dengan harga diskon lagi, sehingga mereka terdorong untuk melakukan pembelian dengan cepat.

Untuk kampanye iklan Google Anda, jika Anda menawarkan penjualan musiman untuk salah satu produk Anda, Anda dapat membuat iklan seputar penjualan ini dan menayangkannya saat penjualan Anda diluncurkan.

4. Lacak dan Gunakan Data Iklan Google untuk Iterasi

Salah satu elemen terpenting dari setiap kampanye iklan yang sukses adalah KPI Anda .

Bergantung pada sasaran iklan Anda, ada banyak metrik penting yang dapat Anda lacak, termasuk:

  • Jumlah klik
  • RKT
  • BPK
    Tingkat konversi

Melacak KPI Anda membantu Anda mengetahui apakah Anda berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan Anda atau tidak. Misalnya, jika Anda melihat bahwa Anda mendapatkan klik yang bagus pada iklan Anda, tetapi RKT Anda berada di sisi bawah, itu bisa berarti judul dan kata kunci Anda membuat Anda tampil di depan mata audiens Anda. Namun, ada sesuatu tentang iklan yang tidak terhubung.

Bisa jadi salinannya. Ini bisa menjadi biaya produk atau layanan. Mungkin judulnya tidak nyambung dengan penawaran di iklan sebenarnya. Apa pun masalahnya, sekaranglah saatnya untuk melihat ke dalamnya dan menyesuaikan apa yang Anda butuhkan.

5. Pilih Jenis Kampanye yang Tepat untuk Iklan Google Anda

Anda dapat menggunakan salah satu dari lima jenis kampanye iklan Google yang berbeda untuk ide periklanan Google Anda.

Cari Kampanye Iklan
Iklan ini muncul di bagian atas Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP).

Misalnya, jika seseorang menelusuri “furnitur kamar bayi”, Membuat iklan pencarian sangat bagus karena apa yang kami soroti sebelumnya: Platform ini menerima lebih dari 3,5 miliar pencarian per hari! Ini adalah tempat yang sempurna karena banyak orang (termasuk audiens Anda) sudah mencari produk yang Anda tawarkan.

Kampanye Iklan Video
Iklan video muncul sebelum, sesudah, dan terkadang di antara video YouTube. Penelitian telah menunjukkan betapa efektifnya video selama beberapa tahun terakhir. Membuat kampanye iklan video, yang berbeda dari iklan teks, dapat membantu Anda menonjol dan menarik perhatian pasar.

Kampanye Iklan Bergambar
Iklan bergambar adalah cara untuk menarik pasar platform media sosial tertentu, situs web, atau saluran digital lainnya ke produk atau layanan Anda.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menemukan situs web atau merek yang paling terhubung dengan audiens Anda. Iklan bergambar sangat bagus karena ini adalah situasi yang saling menguntungkan bagi Anda dan pemilik situs atau platform digital.

Pemilik situs web mendapat komisi yang disepakati (biasanya berdasarkan klik atau tayangan), dan Anda memiliki kesempatan untuk beriklan di depan audiens yang terhubung dengan merek Anda.

Kampanye Iklan Aplikasi
Jika Anda memiliki iklan, mungkin Google app campaign bisa menjadi pilihan yang tepat. Di sini, Anda dapat mengiklankan aplikasi seluler Anda melalui Google Play, Jaringan Penelusuran Google, Jaringan Display Google, YouTube, dan banyak saluran lainnya.

Untuk kampanye aplikasi, Anda dapat menjalankan iklan yang mendorong target pasar Anda untuk memasang aplikasi Anda di perangkat mereka, atau jika ada peningkatan atau versi baru untuk aplikasi, Anda dapat mendorong mereka untuk mengambil tindakan tertentu.

Kampanye Iklan Belanja
Terakhir, ada kampanye iklan belanja Google. Iklan ini menyertakan gambar dan harga produk Anda, dan Anda dapat menjalankannya dari Google Merchant Center.

Anda akan memasukkan informasi tentang produk, dan Google membuat iklan Anda dari informasi ini.

Iklan Shopping masuk akal jika Anda mencoba memasarkan produk tertentu tetapi belum tentu merek Anda secara keseluruhan.

Ini semua adalah contoh dari berbagai jenis kampanye Iklan Google. Seperti yang Anda lihat, penting untuk memahami produk dan pasar Anda. Dari sini, Anda dapat mengetahui kampanye mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Sempurnakan Halaman Arahan Anda

Anda telah melakukan semua kerja keras untuk membuat judul yang bagus, menemukan kata kunci yang tepat, dan menawarnya. Meskipun langkah-langkah ini mungkin membuat Anda mengklik, apa yang terjadi setelah pasar Anda mengklik itulah yang sangat penting. Seperti yang Anda ketahui, mereka masih perlu membeli produk atau layanan yang Anda jual.

Laman landas Anda sangat penting karena inilah yang dilihat pengguna Anda segera setelah mereka mengklik iklan Anda. Tanyakan pada diri Anda sendiri apakah halaman arahan mengatasi masalah pasar Anda dengan jelas. Selain hanya mengatasi, apakah itu juga memecahkan tantangan audiens Anda?

Ada banyak elemen untuk membuat halaman arahan yang sempurna, termasuk menggunakan testimonial, gambar yang tepat, dan formulir yang lebih pendek, untuk beberapa nama.

7. Buat Iklan Google Anda Spesifik

Sebelumnya, menyebutkan pentingnya memahami maksud pengguna saat melakukan penelitian kata kunci Anda karena ini membantu Anda menargetkan kata kunci yang tepat. Sekarang kita ingin menyoroti pentingnya kekhususan. Kata kunci Anda tidak boleh terlalu luas karena dapat menyebabkan Google menempatkan iklan Anda di depan pasar yang salah.

Secara alami, ini akan menghasilkan lebih sedikit konversi. Misalnya, “perabotan kamar bayi” mungkin tampak seperti kata kunci yang bagus pada awalnya, tetapi Anda dapat melakukannya lebih baik dengan menjadi lebih spesifik.

Bertujuan untuk kejelasan dan kekhususan dalam kata kunci Anda. Alih-alih hanya “furnitur pembibitan”, bagaimana dengan:

  • “perabot kamar anak anak laki laki”
  • “perabot kamar anak perempuan”
  • “furnitur pembibitan di Jakarta”

Mungkin butuh beberapa saat untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, tapi tidak apa-apa. Ingatlah untuk terus meninjau kata kunci mana yang mendapatkan klik paling banyak dan mana yang tidak. Ini dapat membantu Anda memahami apa yang harus Anda fokuskan dan apa yang harus ditambahkan, dihapus, atau diubah untuk mendapatkan konversi tinggi yang Anda cari.

8. Targetkan Iklan Google Anda

Saat mencoba mendapatkan ide periklanan Google yang tepat, ingatlah bahwa ada tiga jenis pencocokan kata kunci: pencocokan tepat, frasa, dan luas.

Exatct Match
Dibandingkan dengan jenis pencocokan kata kunci lainnya, pencocokan tepat sangat spesifik. Awalnya, jika Anda menggunakan jenis pencocokan ini, pengguna hanya dapat melihat iklan Anda jika mereka mengetikkan frasa kata kunci yang sama. Sejak itu, Google membuat beberapa perubahan sehingga meskipun pengguna Anda tidak memasukkan frasa kata kunci yang tepat, iklan Anda mungkin tetap cocok. Untuk ini, kecocokannya mungkin dengan bentuk jamak, sinonim, atau variasi berbeda dari kata kunci pilihan Anda.

Menggunakan jenis pencocokan tepat sangat bagus karena pengguna yang mengetikkan kata kunci spesifik Anda lebih cenderung berkonversi.

Phrase Match
Iklan Anda muncul untuk pencocokan frasa jika pengguna memasukkan frasa kunci Anda dalam urutan yang tepat, tetapi mungkin ada kata lain sebelum dan sesudah frasa. Ini memberi Anda kemungkinan meningkatkan lalu lintas.

Namun, jika frasa kunci terlalu luas, ini bisa berarti mendapatkan banyak klik yang tidak menghasilkan konversi karena frasa tersebut tidak cukup spesifik.

Board Match
Pencocokan luas menjangkau lebih banyak orang karena iklan Anda muncul saat pengguna mengetik kata apa pun dari frasa kunci Anda, tanpa urutan tertentu. Seperti pencocokan frasa, Anda mungkin mendapatkan banyak lalu lintas dan klik ke iklan Anda, tetapi karena tidak cukup spesifik, mungkin ada lebih sedikit konversi.

Seperti yang Anda lihat, ada pro dan kontra untuk ketiga frasa tersebut. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kampanye iklan Google Anda, gunakan kombinasi ketiganya sehingga Anda mendapatkan banyak lalu lintas dan konversi.

9. Optimalkan Iklan Google Anda untuk Seluler

Saat membuat iklan dan menghasilkan ide iklan Google yang kreatif, penting untuk diingat bahwa banyak pengguna menggunakan perangkat seluler mereka untuk penelusuran.

Penelitian menunjukkan bahwa 61 persen kunjungan Google AS terjadi melalui perangkat seluler. Kebanyakan orang menggunakan ponsel mereka untuk pencarian, dan masuk akal untuk mengingat pengguna ini.

Mengoptimalkan iklan Anda untuk seluler meliputi:

  • Memilih desain halaman arahan yang responsif
  • Mengompresi gambar
  • Memastikan kecepatan pemuatan cepat

Detail kecil ini dapat membuat dampak besar pada bagaimana iklan Anda ditampilkan di depan audiens Anda dan tingkat konversi Anda secara keseluruhan.

10. Jadikan Iklan Google Anda Tersedia dalam Bahasa Lain

Itu tergantung pada sifat bisnis Anda, tetapi jika Anda memiliki pemirsa internasional atau Anda berada di area multi-bahasa, pertimbangkan untuk membuat iklan Anda tersedia dalam berbagai bahasa untuk melayani pemirsa Anda yang mungkin tidak berbicara atau mengerti bahasa Inggris dengan baik.

Ini mungkin tampak seperti detail kecil, tetapi jangan lupa bahwa bahasa itu kuat dan membantu kita berkomunikasi dan terhubung. Jika Anda memiliki audiens yang tidak berbahasa Inggris yang ingin Anda jangkau, bantu menjembatani kesenjangan dengan membuat iklan Google tersedia dalam bahasa mereka.

Kesimpulan
Dibutuhkan banyak hal untuk menghasilkan ide periklanan Google yang hebat. Meskipun prosesnya mungkin memakan waktu lama, tentu saja layak untuk melihat peningkatan klik dan konversi. Kiat di atas dapat membantu Anda berada di jalur yang benar, tetapi jangan lupa untuk menguji A/B iklan Anda untuk melihat apa yang ditanggapi audiens Anda.

Author: Yopi

Leave a Reply